Monday, December 20, 2010

Cara Agar Mata Tak Cepat Letih Di Depan Komputer

Di era globalisasi, kebanyakan orang tidak dapat jauh dari komputer dan berbagai peralatan lainnya. Ramai orang dapat menghabiskan sebahagian besar waktunya untuk bekerja di depan komputer. Tapi hal ini dapat membuat mata cepat letih atau bahkan mengalami gangguan penglihatan.

“Selain sinar matahari, kekrapan bekerja di depan komputer juga dapat membuat mata mengalami penurunan daya penglihatan, tambahan pula orang sekarang seperti tidak padat berpisah dengan komputer,” jelas Dr Rini Mahendrastari Singgih, SpM, Paed. Opthal dari Mahendra Indonesia Eye Clinic.

Menurut Dr Rini, komputer dan peralatan elektronik lain dapat menyebabkan Computer Vision Syndrome (CVS), iaitu keletihan mata dan penglihatan akibat bekerja menggunakan komputer terlalu lama.

Computer Vision Syndrome biasanya terjadi kerana sistem pencahayaan yang salah, kurang berkedip dan juga posisi duduk yang tidak betul.

Gejala CVS dapat meliputi sebagai berikut:

1. Mata merah, pedih dan berair
2. Mata kering
3. Mata terasa letih
4. Kelopak mata atau dahi terasa berat
5. Sakit kepala atau migrain (sakit kepala sebelah)
6. Rasa sakit pada bahu

Selain mengalami CVS, kekerapan bekerja di depan komputer juga dapat menyebabkan miopia (rabun jauh), tekanan bola mata tinggi (glaukoma) dan tarikan pada otot luar bola mata.

Dr Rini memberikan beberapa cara yang dapat dilakukan agar mata tidak cepat letih ketika bekerja di depan komputer, antara lain:

1. Beristirehatlah 10 hingga 15 minit.
2. Lihat objek yang jauh lebih kurang selama 10 saat.
3. Stretching atau melakukan latihan mata.
4. Atur pencahayaan dari komputer.
5. Istirehatkan mata selama satu jam.
6. Atur posisi duduk (90 darjah), posisi keyboard (100 darjah) dari siku.
7. Jarak layar komputer sekitar 50-75 cm dari mata.

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More